Saturday, June 14, 2008

Popper Mancing Ikan

Popper adalah sejenis umpan buatan (Lure) untuk mancing. Popping adalah teknik mancing ikan dengan umpan tiruan yang berjalan diatas permukaan air, bisa di laut (Salt Water) atau di Air Tawar (Empang/Kolam).

Gagal ingin Popping Salt Water di Pulau Sanghyang, saya mencoba Popper (Fresh Water/Air Tawar)baru yang paketnya saya terima 3 hari yang lalu.

Saya menggunakan jenis Popper Mini (jenis Minnow Vibrate uk.+/- 2,5cm ) dan Mikro Popper (uk. 3cm).

(gbr atas:Mikro Popper, bawah: Popper Minow Vibrate/Poni)


Test Popping saya coba di Kolam Primkokas yang berisi ikan Mujair dan Nila, Gurame dan Patin (mungkin masih ada jika belum dicolong maling).

Pertama kali melontar Popper, memang ikan tidak langsung menyambar, saya harus beberapa kali mencoba belajar cara memainkan popper.

Jika saya perhatikan, saat popper saya lempar, ikan hanya kaget dan diam saja, tetapi jika saya gulung reel dengan perlahan, ikan malah jadi tertarik dan cenderung untuk mengikuti popper kadang sesekali menyambar.

Setelah coba dengan beberapa kali gerakan, akhirnya Popper bisa disergap ikan.
Percobaan Popper Jenis Vibrate warna coklat putih cenderung lebih banyak strike untuk ikan mujair/nila dari pada Mikro Popper warna hijau kuning.


Mancing ikan air tawar dengan Popper, memang cukup asyik juga asal jangan terlalu cepat menggulung reelnya, gulung hanya beberapa kali kemudian biarkan berhenti, jika ikan tidak merespon, gerakkan lagi popper dengan cara menggulung perlahan-lahan. Gerakan ini membuat si Ikan penasaran dan akhirnya menyergap Popper dan Strike.

Besok saya akan mencoba Popper ini di Empang daerah Terate Bojonegara, karena disana ada Empang Mujair dan Ikan Bandeng.

Oke deh, bagi yang tidak mau repot-repot bikin umpan, saatnya punya senjata alternatif menggunakan Popper.

Selamat mencoba.