Wednesday, January 23, 2008

Aplikasi Layar Sentuh/Touch Screen

Sudah 4 hari ini saya sedang membuat Aplikasi Database yang akan saya install di Touch Screen, datangnya ide ini karena saya sering melihat Anggota Primkokas agak antri di Layanan Tabungan, Pinjaman uang dan Layanan Informasi Potongan Kredit.

Saya pikir kenapa tidak dicoba menyediakan Layanan yang dapat di akses sendiri oleh Anggota Primkokas yang ditempatkan di Front Office Layanan Primkokas.

Sebelumnya saya sudah membuat Layanan Informasi Data yang dapat diakses via SMS diberi nama PRIMKOKAS MOBILE, dengan layanan ini Anggota Primkokas bisa mendapatkan informasi langsung dari server primkokas, 24 jam full tanpa harus menggaji orang. Sayangnya saat ini Aplikasi sedang macet karena dirusak virus. Dan Back-up Aplikasi yang ada di Laptop saya juga mengalami musibah saat harddisk saya jebol gara-gara experiment dengan WiFi. Padahal saat itu saya sudah 80% rampung dengan Up-Grading Aplikasi yang bisa memberikan layanan info data via sms yang lebih luas dan tidak terbayang sebelumnya oleh orang lain.( Saya bisa me-restart Server via SMS..he3x, jangan JUTEK dulu pikirannya !! itu untuk memudahkan saya mereset memori jika ada masalah koneksi antara MODEM GSM-Heavy Duty dengan PC Gateway).

Yang sudah ya sudah, toh juga tidak ada perhatian sama sekali dari para bos-bos untuk menghibur hati yang sedang kacau balau saat hardisk saya jebol waktu itu. Mereka tidak merasakan bagaimana rumitnya membuat aplikasi. Mereka cuma bisa menanyakan.."kapan bisa selesainya ?".."Mestinya kan begini..begitu..!!"...mungkin begini TAKDIR yang harus saya terima setelah 7 tahun berpartisipasi membangun kejayaan PRIMKOKAS, pangkat masih tetep aja..temen-temen lain di KS malah bisa tersenyum puas karena banyak yang sudah naik karir...saat ini peran saya cuma jadi WAYANG jadi terserah gimana pak DALANG aja deh...

Kembali ke Layanan Informasi database TOUCH SCREEN di Front Office, kenapa harus dengan Aplikasi TOUCH SCREEN ?


Saya memutuskan mencoba membuat Aplikasi layananan informasi data TOUCH SCREEN dengan pertimbangan tidak semua anggota primkokas bisa menggunakan Keyboard atau Mouse, dengan TOUCH SCREEN konsumen cukup menyentuh ujung jarinya saja di Layar Monitor..hhmmmm...bisa jadi mainan baru nih oleh anggota..he..he.he..tapi boss-boss jangan khawatir dengan mengernyitkan jidat..saya sudah menyisipkan module program untuk mendeteksi siapa saja anggota yang suka main-main, karena setiap kali layar disentuh, program akan mencatat kejadiannya, dengan demikian bisa digunakan semacam analisa, pada layanan mana saja yang banyak disukai Anggota Primkokas atau yang dimain-mainkan oleh anggota.

Tadi siang secara informal saya juga usul ke boss bahwa untuk pengajuan pinjaman uang, bisa dilayani di TOUCH SCREEN sehingga anggota diperbolehkan juga untuk tidak mengisi formulir pengajuan pinjaman uang, formulir dapat di gantikan secara DIGITAL via TOUCH SCREEN, cukup mengisi di salah satu Menu Aplikasi.

Keputusannya sih belum ada..dengan pertimbangan bahwa di formulir harus ditandatangani oleh Anggota Primkokas.

Saya pikir, soal tanda tangan sebetulnya sudah bisa disamakan dengan PIN (personal identification number) yang di masukkan oleh Anggota saat ingin menggunakan Layanan Touch Screen ini. Keabsahan tanda tangan "mungkin" bisa digantikan dengan "DIGITAL SIGN" yaitu "PIN".

Tapi ya terserah "Yang Maha Kuasa" aja deh...yang penting saya sudah memberikan usulan dan tidak menganut "ILMU PAHAT" ( digetok dulu baru jalan). Capek juga kalo setiap usulan malah jadi bumerang buat saya.
Oke !!! tunggu tanggal main "nya" Aplikasi Touch Screen ini...lumayan buat tebar pesona.