Wednesday, January 23, 2008

Music Grooving

Pusing dengan ngoprek-ngoprek module aplikasi Touch Screen yang saya mulai dari jam 20.00 dirumah, saya rehat sejenak sekitar jam 3.30 pagi...kopi udah tinggal ampas, rokok tersisa 3 batang. Iseng-iseng buka-buka mainan saya yang sudah lama tidak saya colek-colek yaitu "GrooveMaker 2.0 for Windows".

"GrooveMaker 2.0 for Windows" - CyberMix Software and Sound keluaran "IK-Multimedia" (ente bisa liat di http://www.groovemaker.com) adalah software buat bikin GROOVING Musik..track yang disediakan oleh GrooveMaker ini bisa sampe 8-track Sound.

File soundnya berupa wave file (.wav) yang bisa diambil dari Demo Song.

Asyiknya adalah kita bisa berkreasi dengan membuat Musik, dengan fasilitas 7 jenis perangkat musik: Bass Drum, Bass, FX (effect), Line, Loop, Pad, Perc (perkusi).

Dari 7 jenis perangkat ini, anda bisa memilih salah satu suara yang kita sukai. Tempo bisa anda kontrol dari BPM, kontrol suara per Track juga bisa diatur, begitu juga PAN (suara ke kiri/kanan).

Setelah satu birama musik dibuat, kita bisa "MARK" untuk disimpan di Sequence Track, kemudian kita bisa buat satu birama yang lainnya, "MARK" lagi di Seq.Track, begitu seterusnya. Semakin banyak Track Sequence semakin panjang musik anda dan yang pasti morot ke hardisk (Saya pake Laptop murah dan "JADUL" alias JAman DULu, Toshiba Tecra M4 dengan hardisk 120GB + 2GB memory)

Jika sudah oke anda gabung, anda bisa simpan ke dalam file wave dengan default name "Mix File.wav"

Saya sudah mencoba membuat dengan 8 Sequence Track, makan harddisk sekitar 22 MB dengan durasi 2:08 menit.

Agar suara lebih oke lagi, saya menggunakan Software musik editor lainnya yaitu "COOL EDIT PRO". Setting Effect, oprek lagi dengan "Graphic Equalizer" yang bisa di atur sampai 30 Band Equalizer.

Karena lagu yang saya buat berirama DISCO, maka saya oprek habis dengan "Graphic Equalizer" Frequensi rendah. Supaya efek Dentuman Bass Drum nya bikin tembus ke Otak dan Jantung, kemudian halusin Treble.

Setelah oke, saya save sebagai MP3 file: na2nkMix080122.mp3(1.252kb).

Ente bisa download di Disco-myRemix di http://boneey.multiply.com, tapi ente kudu register/join dulu ke multiply.com..gratis kok..

Dengerinnya sebaiknya jangan pake speaker/Headphone murahan, bass drumnya kagak keluar. Coba pake headphone sennaizer atau Headphone Nokia 5310 juga lumayan bagus...hati-hati telinga anda robek atau dada anda sesak mendengar hentakan snaping bass drum di detik ke 60.

Masih kurang puas dengan suara MP3 yang saya buat ?

bikin aja sendiri...beli aja softwarenya...he.he.he