Monday, May 5, 2008

Wadas, Bojonegara

Memasuki bulan mei 2008 saatnya mancing dilaut. Berdasarkan Data Peta prakiraan daerah penangkapan ikan yang dikeluarkan oleh Balai Riset Kelautan Dan Perikanan Departement Kelautan dan Perikanan.


Kami mencoba mulai ke laut Minggu, 04 Mei 2008. Berangkat dari TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Wadas, Bojonegara jam 06.30 pagi. Cuaca agak berkabut di daerah Pantai.


Disekitar lokasi kami memancing, memang ada 4 - 5 perahu. Menjelang siang, kami melihat tanda-tanda Ikan Tongkol yang "bujubuneng !!!" banyaknya berloncatan mengganyang ikan Kembung dan Teri. Sayangnya kami terlambat menurunkan pancing saat trolling sehingga Tongkol terlanjur menjauh. Beberapa perahu nelayan berusaha mendekati rombongan ikan tongkol dan segera menebarkan jaring memanfaatkan momen yang jarang terjadi ini.

Alhasil, mancing kali ini cukup memuaskan dan cukup seru, tangan rasanya pegel juga, karena berhasil mendapatkan ikan kembung, Kurisi dan ikan yang belum saya kenal.Bulan Mei & Juni 2008 ini memang musim-musimnya ikan pelagis menuju perairan Utara Pulau Jawa dan jika benar artinya lagi rame ikan-ikan Tongkol, Tenggiri, Kembung, minggu depan, siap-siap berangkat lagi. Bagi yang ingin memancing, siapkan aja udang rebon, cumi untuk umpat yang cukup ampuh untuk kembung + selar + kurisi yang pastinya akan mengundang ikan tenggiri dan tongkol.