Wednesday, November 7, 2007

WiMAX

Pengertian WiMAX

WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) merupakan standar industri yang bertugas menginterkoneksikan berbagai standar teknis yang bersifat global menjadi satu kesatuan. WiMax secara histori sangat terkait dengan popularitas pendahulunya, WiFi (IEEE 802.11).

WiMAX dan WiFi dibedakan berdasarkan standar teknik yang bergabung didalamnya. WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11 dengan ETSI HiperLAN yang merupakan standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN sedangkan WiMAX merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan ETSI HiperMAN. Standar keluaran IEEE banyak digunakan secara luas di daerah asalnya, yaitu Eropa dan sekitarnya. Untuk dapat membuat teknologi ini digunakan secara global, maka diciptakan WiMAX yang berfokus pada pemecahan masalah jaringan luar (outdoor) point to multipoint broadband wireless dan memungkinkan dipergunakan pada berbagai keperluan, diantaranya konektifitas jarak jauh untuk rumah-rumah, bisnis dan backhaul wirelless hotspot.

Standar global yang dipakai di dunia (bukan di Primkokas) dapat digambarkan sebagai berikut:


WiMax, WiFi, dan Wireless Masa Depan
Tidak seperti 802.11(WiFi), WiMax dirancang khusus untuk lingkungan outdoor. Hal ini memanifestasikan WiMax dalam berbagai cara. Salah satunya, WiMax mempunyai berbagai persyaratan pada physical layer untuk optimizing symbol rate. Hal ini membuat WiMax sangat lamabat munculnya. Tambahan lagi, WiMax tidak memperdebatkan masalah MAC protocol, seperti CSMA. Yang terpenting, WiMax dapat mendeliver QOS yang handal dan penempatan bandwith per client, yang menjadi sangat penting bagi komunikasi jarak jauh. Penjelasan di atas, memberikan fakta kepada kita bawha WiFi adalah langkah yg tepat untuk digunakan pada enduser, sehingga WiMax and WiFi akan saling mengisi satu sama lain. WiMax mengisi kebutuhan jaringan akses outdoor tanpa kabel, sedangkan WiFi lebih cenderung kepada jaringan indoor tanpa kabel.

Perbandingan Teknologi Wireless :


WiFi 802.11

WiMax 802.16a

Mobile-Fi

Celular

Speed

6 - 54 Mbps

70 Mpbs

16 Mbps

2 Mbps

Band

Unlicensed

Both

Licensed

Licensed

Coverage

50 - 1500 ft

2 - 30 Miles

3 - 6 Miles

1 - 3 Miles


Bagaimana WiMAX bekerja :


sumber :http://computer.howstuffworks.com.wimax2.htm

Dengan adanya teknologi WirelessMAN :

  1. Akan memberikan kemurahan dan kecepatan transfer data dengan akses internet jalur lebar (broadband).
  2. Standar IEEE 802.16 memberikan kemudahan dalam akses internet untuk area metropolitan dengan menerapkan beberapa base station (BS) yang dapat meng-coverage jutaan subscriber station (SS).
  3. Teknologi WiMAX merupakan salah satu solusi untuk dapat mengembangkan teknologi informasi dalam suatu kota atau pedesaan karena jangkauannya sampai jarak 50 km, sehingga memungkinkan untuk meng-coverage seluruhnya.
  4. Meskipun tidak didesain untuk menggeser jaringan lokal (LAN), standar IEEE 802.16 menyediakan fitur untuk pengembangan 802.11, sehingga saling melengkapi.
  5. Standar IEEE 802.16 menggunakan authentication subscriber station (SS) yang handal. Setiap subscriber station (SS) mempunyai sertifikat X.509 yang unik, handal dan dapat dipercaya ketangguhannya, karena layanan mempunyai kunci yang berbeda.