Friday, December 7, 2007

Resep 1 s.d 6 - Mancing Ikan Mas

Resep Umpan Ikan Mas 01

Bahan-bahan :
1. Kroto 2 Ons
2. Susu dencows 2 sachet
3. Merah telor bebek 5 butir
4. Ikan tuna (deho) 1 kaleng
5. katulampa 2 bungkus

caranya :
telur bebek merahnya aja, susu dencow,ikan tuna (duhaluskan dulu), kroto di aduk jadi jadi satu, setelah selesai masukan ke plastik lalu dikukus, +- 40 menit, siap di hidangkan , pengerasnya katulampa.

Resep Umpan Ikan Mas 02

Bahan-bahan
1. ikan tuna ( deho ) diblender
2. essen udang dan seafood perbandingannya 2 : 1 ,
gunakan secukupnya
3. ubi kuning dikukus
4. katulampa 2 , dikasih air panas
5. kroto 2ons , ambil yang telurnya ajah
6. 2 telor bebek ambil kuningnya saja

Cara Membuatnya
Semuanya bahan diaduk jadi satu , bila terlalu
lembek kasih kinoy yg cristal secukupnya
siasakan kroto untuk dipulung2 sebelum dilontarkan,

Resep Umpan Ikan Mas 03

Bahan-bahan :
1, Jagung 5 biji
2. Telor 5 butir
3. Kelapa 1/2 butir
4. lemak kambing 50 gr
5. Ikan tongkol 2 potong
6. keju 1/2 balok

Cara membuatnya :
Semua umpan saya blender jadi 1, setelah selesai
saya kukus 3,5 jam (pakai
kompor)

Resep Umpan Ikan Mas 04

Bahan-bahan :
  • Melon Diva Oil 5cc
  • Strawbery Diva oil 4cc
  • Banana oil 3cc
  • Jeruk Keprok Pasta 1 sdk makan
  • Leeche oil 4cc
  • Sari Laut oil 3cc
  • Durian Diva oil 4cc

Cara membuatnya :
  1. Masukan ke dalam plasti ukuran 1/4 atau 1/2 kg Essenze pasta atau oil yang udah ditakar
  2. Tambahkan air sebanyak 1 gelas biasa penuh lalu kock biar rata
  3. Tambahkan kedalam campuran tsb 3 sendok makan penuh tepung tapioka dan kocok lagi biar rata
  4. ikatkan ujung plastik biar nga kemasukan air lagi
  5. Masukan adonan tadi kedalam air mendidih sambil adonan itu di aduk2 pake sendok diluar palstiknya
  6. Kira2 5 mnt, biasanya angol2 sudah matang dengan melihat ongol2 tsb sudah ngambang
  7. Ongol2 siap di pakai

Resep Umpan Ikan Mas 05

Bahan-bahan :
1. Umpan jadi merek 99 (ditoko banyak) ambil 1/2 porsi aja.
2. telor asin 2.butir (merahnya aja)
3. kinoy wangi 1 bungkus kecil
4. ikan sarden 2 potong (merek gaga atau yag laiinya)
5. serundeng (kelapa yg agak muda di sangray) --> jangan sampai angus api kecil.
6, Krotor secukupnya.

Cara membuatnya :
umpan merek99,kinoy, telor asin (merahnya aja) aduk jadi satu, setelah setelesai baru tambahkan sarden 2 potong yg telah dihaluskan, baru campur serundeng ( 1,5 sendok makan), baru terakhir campur kroto

Resep Umpan Ikan Mas 06

Bahan-bahan :
1. Ikan laut segar 1-2 ekor (saya coba tongkol/tenggiri/kakap ), ambil dagingnya saja.
2. Telor Bebek 4-5 biji, ambil kuningnya.
3. Susu Dancow putih 2 bungkus/Sachet
4. Umbi Jalar 3-5 biji, boleh yang kuning atau yang putih untuk pengeras umpan

Cara membuatnya :
- Bahan 1, 2, 3 diblender dan dikukus sampai matang
- Bahan 4 dihaluskan dan dicampurkan dengan adonan yang sudah dikukus

Terima kasih Bung Hendra Kusuma atas sumbangan resep umpannya, mudah-mudahan berguna bagi pemancing lainnya

8 comments:

Arti said...

share umpan mancing lele dong ooms, papa saya lagi nyari umpan lele yang jitu neh, tks

Primkokas Blogger said...

arti,
Ikan Lele makan apa aja, umpannya paling gampang kok..pake apa aja juga bisa kok...
Pake Pelet or umpan ikan mas juga bisa, cacing juga mau kok..
Pake Popper Poni Bible or Micro Popper juga bisa.

kumpay said...

om mau nanya cara membuat umpan ikan mas pakai paikin bagaimana?soalnya saya baru pemula nich...thank's

Primkokas Blogger said...

untuk Arti, Paikin maksudnya pelet/umpan bubuk ya...dicampur aja ma tambahan lain seperti sarden, telor bebek (kuningnya aja).
Kalo masih kurang narik tambahkan sedikit aja essen diva nangka+almond.

Faktor Cuaca dan keasaman, kekeruhan air juga berpengaruh terhadap nafsu makan ikan.

semoga sukses mancingnya

kumpay said...

om terimakasih atas pencerahannya tentang membuat umpan ikan mas..mudah2an blogs ini bermanfaat bagi pemula maupun bagi yang telah profesional...
thank's...

erwin's blog said...

Kalau lele dasarnya dia doyan segala macam umpan yg berbau apek.
Seperti Orong-orong, Cacing, Lipas, jangkrik.

Pernah nyobain sekali menggunakan belut dipotong kecil2x kemudian dikukus (tidak terlalu lama spy tidak hancur) tau ditumis (digoreng dengan sedikit minyak)

ovenk said...

om,saya pemancing galatama ikan lele di daerah Cimahi.Saya selalu saja kalah,bagaimana umpan yang sangat jitu untuk mengalahkan lawan-lawan saya terutama dengan essen?
terimakasih

pcgun said...

untuk lele umpannya paling gampang, cacing,jangkrik, orong2,kroto dll . tapi ada yang ampuh. sebenarnya rahasia tp okelah ni gw kasitau. umpan lele pake aja cicak bakar jangan terlalu matang. yang lebih ampuh lagi anakan burung emprit/pipit yang masih belom bgitu berbulu{jawa; indil} dibakar jangan terlalu matang. selamat mencoba!!