Friday, December 21, 2007

WiFi - di Mekah ternyata juga disediakan

"Di Kota Suci, Jemaah Haji Dimanjakan Wi Fi", ini judul berita yang diambil dari situs: DetikInet (Kamis, 20/12/2007 12:04 WIB).


Mekah - Jutaan orang saat ini tengah berada di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah Haji. Untuk menunjang aktivitas mereka utamanya dalam mengakses internet, sebuah jaringan Wi Fi (wireless fidelity) temporer yang menyelimuti sebagian kota suci Mekah pun disediakan. baca selanjutnya

Bagaimana dengan Wi-Fi Primkokas ?!
Nasib Wi-fi primkokas masih belum seberuntung yang ada di Mekah, saya dan teman2 di IT Dept. sudah berusaha membuat fasilitas Wi-Fi ini untuk Primkokas, tentunya dengan tujuan yang positif.

Dengan jumlah Jema'ah eh...anggota primkokas yang 6000an orang, Wi-fi bisa digunakan untuk sarana peningkatan mutu layanan, bisa untuk layanan internet gratis untuk anggota di lingkungan Primkokas atau istilah kerennya "Hot-Spot Wifi".

Sekitar bulan September - Oktober 2007, saya dan teman2 sudah mencoba mendirikan antena Wi-Fi di Primkokas. Percobaan2/eksperimennya juga sudah memakan korban jebolnya Harddisk Laptop yg saya pakai karena di boyong2 wara-wiri untuk percobaan mencari jangkauan signal terbaik. Sedihnya di Harddisk itu sudah banyak program2 yang saya buat untuk primkokas tapi belum sempat saya deploy ke Server Primkokas..sempet jadi frustrasi sih..tapi ngga lama2 frustrasinya karena saya alihkan ketempat pemancingan.

Sudah banyak waktu terbuang untuk memperjuangkan Wi-Fi di Primkokas, 2 (dua) Wajan alias penggorengan diameter 30cm juga sempet jadi korban untuk bikin Antena Wajan dirumah.

Ada juga yang mencemooh..(NATO alias No Action Talk Only) ada juga yang bingung seperti bu maryati (pemilik warung di primkokas) yang merasa aneh karena saya bawa2 wajan kesana-kemari..tetapi banyak juga yang membantu seperti temen2 primkokas (TB.Nana, Sofwan, Kemi, mang basuni, pak mista, Mahdi, Feri dan temen2 lainnya- Makasih ya) yang memberikan bantuan tenaganya untuk mendirikan tiang sederhana mulai dari bambu bekas tiang bendera sampai dengan tiang Pipa 2 inch yang dipaksa jadi tinggi (sambung 3 PIPA). Hasilnya ?! ya ga kuat lah...malah meleyot.

Sebenarnya yang dibutuhkan adalah tiang TOWER untuk antena Wi-fi, tapi pengurus bilang coba dulu pake pipa...(lagi-lagi memang soal biaya).

Ya sudah...walaupun gagal mendirikan Antena ataupun HOTSPOT, paling tidak..saya dan temen2 sudah berusaha untuk memberikan sesuatu yang berguna..mohon maaf bagi anggota yang belum bisa menikmati WiFi di Primkokas.

Perjuangan memang perlu pengorbanan...perjuangan bukan untuk mencari BINTANG, cuma itu yang bisa saya ucapkan dalam hati.

Mudah2an ada anggota yang tergugah untuk membantu pembuatan tiang TOWER Gratis, agar Primkokas bisa punya fasilitas wifi/HOTSPOT area....Aaaaammiiiiiiinnnnnn.